Maklon


MAKLON

Apakah Anda ingin menjadi seorang pebisnis atau pengusaha ? Namun bingung harus memikirkan modal untuk membangun pabrik dan membeli peralatan produksi. Belum lagi Anda harus membayar upah tenaga kerja. Jangan sampai hal - hal tadi malah menyurutkan semangat Anda untuk memulai bisnis. Padahal, Anda bisa menjadi pengusaha sepatu, baju, makanan, atau pengusaha kosmetik dan skincare yang sedang booming, tanpa harus pusing memikirkan

hal - hal diatas. Bagaimana caranya ? Anda bisa menggunakan jasa maklon. Apa itu jasa maklon ?

Jasa Maklon Memudahkan Bisnis Anda

Apakah Anda pernah mendengar perusahaan yang menawarkan jasa maklon? Atau justru Anda malah belum pernah mendengar istilah maklon ? Sebenarnya, maklon adalah istilah yang sudah cukup dikenal dalam bisnis pakaian (clothing) dan bisnis kosmetik. Istilah maklon berasal dari bahasa Belanda yaitu makloon, yang artinya biaya produksi. Secara sederhana, maklon bisa diartikan sebagai jasa pengerjaan produk yang dilakukan oleh pihak lain.

Misalnya Anda ingin memiliki bisnis baju, sepatu, minuman, atau parfum dengan brand Anda sendiri, namun tidak memiliki sumber daya modal. Nah,

Perusahaan maklon bisa membuat produk yang sesuai dengan ide bisnis Anda.Karena melibatkan pihak lain dalam pengerjaan produknya, kegiatan maklon masuk ke dalam bidang jasa. Dalam proses maklon, perusahaan maklon akan membuatkan sampel produk sebelum produk diproduksi secara massal.Dalam dunia industri, maklon sering juga dikenal dengan istilah toll manufacturing. Selain maklon dan toll manufacturing, istilah lain yang dipakai adalah CMT atau Cut Make Trim. pada CMT biasanya bahan dan material produksi disediakan oleh Anda sebagai pengguna jasa.


Lalu, Bagaimana Cara Maklon?

Caranya mudah, sebelum memulai kesepakatan maklon, Anda harus memberitahu secara detail konsep produk yang ingin dibuat. Setelah menentukan produk dan bahan baku yang telah disetujui bersama, perusahaan maklon akan menyediakan layanan pembuatan sampel produk.Tujuannya, untuk menghindari kesalahan pada produk yang akan dibuat. Jadi, Anda bisa melihat produk sebelum diproduksi secara masal. Jika Anda sudah menyetujui sampel produk, perusahaan maklon akan melanjutkan proses ke tahap produksi. Setelah proses produksi selesai,

beberapa perusahaan maklon akan membantu Anda mendapatkan distributor dan reseller, sehingga memudahkan Anda yang baru pertama kali berbisnis untuk melakukan penjualan produk.


Apa Kelebihan Menggunakan Jasa Maklon ?

Mudah, hemat biaya, dan efisien. Anda tidak perlu pusing memikirkan modal untuk membangun pabrik, membeli peralatan produksi, dan membayar upah tenaga kerja. Perusahaan maklon memiliki semua yang Anda butuhkan. Anda hanya perlu menentukan rincian produk yang ingin dibuat dan perusahaan maklon akan membuat produk sesuai dengan permintaan Anda. Perusahaan maklon juga lebih efisien karena bisa membantu bisnis Anda dari awal memulai hingga produk bisa dijual ke konsumen. Jadi, Anda bisa fokus membangun brand agar produk Anda dikenal luas dan laku di pasaran. Mudah bukan?




Persyaratan Maklon


Administrasi :

  1. Memiliki Paten Merk Individu/Perusahaan ( note : bila belum punya, perusahaan kami dapat membantu pengurusan brand, dengan estimasi biaya Rp. 4.000.000,- )
  2. Data lengkap perusahaan / perorangan
  3. Sepakat dengan minimal QTY dengan harga yang telah disepakati
  4. Pembayaran DP 50% sebelum produksi, sisa pelunasan 50% sebelum barang dikirim
  5. Produk trial 1x free, untuk selanjutnya trial ke-2 dan ke-3 dikenakan biaya,( biaya per produk trial dijadikan pemotongan biaya Maklon )
  6. Daftar biaya BPOM per-produk, sesuai tarif BPOM
  7. Mengisi form Customer Maklon
  8. Menandatangani perjanjian kerjasama ( MOU ) yang dilegalisir oleh Notaris



Teknis Produksi :

  1. Perusahaan menerima permintaan produk pihak ke-2 (peminta maklon) dengan melampirkan deskripsi produk yg diinginkan, dan pihak ke 2 secara lengkap/ memberikan produk rujukan
  2. Dibutuhkan waktu minimal 1 minggu (tergantung dari tingkat kesulitan produk) untuk produk trial
  3. Bila trial sudah ok dan disepakati oleh pihak ke-2 (peminta maklon), maka dilakukan penandatanganan kerjasama dan kesepakatan rencana produksi.
  4. Bila produksi secara rutin (continue) sudah dilakukan di perusahaan, maka pihak ke-2 (peminta Maklon) harus memberikan rencana produksi beserta forecast untuk 3 bln dan memberikan deposito senilai 2x total produksi tiap bulannya.
  5. Bila dilakukan produksi hanya pada saat buka PO sebelum produksi melakukan DP senilai 50% dan pelunasan 50% saat barang ingin diambil.


Note :

Sistem kerjasama Maklon dapat dibicarakan kembali sesuai dengan kebutuhan klien Maklon