TIPS UNTUK MEMBALUT BAHAN-BAHAN MAKANAN DENGAN TEPUNG GORENG KETIKA INGIN MEMASAK GORENGAN CRISPY YANG RENYAH DAN GURIH

TIPS UNTUK MEMBALUT BAHAN-BAHAN MAKANAN DENGAN TEPUNG GORENG KETIKA INGIN MEMASAK GORENGAN CRISPY YANG RENYAH DAN GURIH

Sejak dulu sampai sekarang, siapa sih yang bisa menolak begitu nikmatnya makanan hasil dari gorengan tepung ini? Apalagi jika makanan tersebut disajikan dalam keadaan yang masih hangat. Tesktur kulit tepung yang begitu renyah dengan isian makanan yang sangat enak dijamin akan bisa memanjakan lidah Anda pada saat akan memakannya. Apalagi untuk bahan makanan yang bisa digoreng oleh tepung goreng tersebut juga sangat bervariasi. Mulai dari ayam, udang, ikan, cumi, jamur, terong, tahu dan juga tempe, bahkan bawang bombay sekalipun bisa digoreng dengan menggunakan tepung goreng.

Namun sayangnya, meskipun dengan membuat gorengan terlihat menjadi lebih mudah, akan tetapi juga masih banyak orang yang mengeluhkan bahwa untuk hasil akhir dari gorengan yang akan dihasilkan tersebut juga masih kurang renyah dan tidak krispi. Padahal sebenarnya justru letak dari kenikmatan makanan yang akan digoreng oleh tepung goreng itu sendiri adalah dari tingkat teksturnya yang begitu renyah dan gurih, bukan?

Nah, karena alasan diatas itulah dan agar gorengan tepung goreng Anda bisa sukses untuk menjadi krispi yang gurih dan garing, terdapat beberapa cara dan trik-trik khusus yang bisa Anda coba lakukan ketika akan membalut adonan tepung gorengnya agar menjadi lebih nikmat dan krispi.

1. Gunakanlah jenis adonan tepung basah dan juga tepung kering.

Ternyata, dalam hal membalut tepung pada keseluruhan bagian makanan yang akan digoreng dilakukan sekali saja masih belum cukup. selain akan menjadikan tepung goreng masih kurang menempel dengan sempurna, hasil gorengannyapun akan menjadi kurang renyah. Demi menyiasati agar tidak sampai terjadi hal seperti itu, maka Anda bisa membuatnya menjadi dua jenis adonan tepung, yaitu jenis adonan tepung basah dan juga tepung kering.

Cara untuk membuatnya juga terbilang sangat mudah, yaitu dengan cara menyisihkan sedikit adonan tepung kering ke dalam wadah, lalu tambahkan juga adonan es. Selanjutnya, Anda bisa mencelupkan bahan makanan ke dalam adonan tepung basah tersebut, lalu gulingkan pada adonan tepung keringnya. Ulangi hal itu sampai keseluruhan bahan-bahan makanan Anda tersebut habis.

2. Menggunakan campuran dari beberapa jenis tepung.

Agar hasil gorengan Anda bisa menjadi lebih renyah, maka Anda juga bisa lho menggunakan berbagai jenis campuran dari beberapa tepung kering untuk membalut bahan makanan tersebut. Anda cukup dengan mencampurkan tepung terigu dengan sedikit campurang dari jenis tepung lainnya (bisa tepung maizena, tepung tapioka, tepung goreng dan baking powder), lalu adonan tepung tersebut dilarutkan sebagiannya untuk dijadikan sebagai adonan basah. Selanjutnya, Anda hanya tinggal mencelupkan bahan makanan pada adonan basah, lalu menggulingkannya ke dalam adonan kering lainnya, seperti pada poin pertama.

3. Menggunakan kocokan telur dan tepung kering.

Selain dengan cara menggunakan dua adonan tepung tersebut diatas (tepung basah dan tepung kering), Anda juga bisa membalutnya dengan menggunakan kocokan telur terlebih dahulu. Dan untuk caranya hampir sama dengan poin yang pertama. Bahan makanan mentah dicelupkan terlebih dahulu ke dalam kocokan telur, lalu digulingkan kepada tepung keringnya sampai selesai. Agar tepung tidak basah, maka usahakan untuk segera menggoreng bahan makanan tersebut sesaat setelah dibalut dengan menggunakan tepung kering. Hal itu akan bisa cukup membantu agar tekstur makanan Anda bisa menjadi lebih renyah dan krispi.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa Anda coba Anda terapkan ketika akan membuat makanan bergoreng tepung Anda, bisa menghasilkan gorengan yang lebih renyah dan krispi. Jika gorengan Anda sudah renyah dan krispi, dijamin deh rasanya juga pasti akan semakin nikmat dan gurih. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam menggoreng seporsi gorengan hangat yang gurih dan kriuk.

Give a Reply