LANGKAH MUDAH DALAM MEMBUAT AYAM GORENG CRISPY YANG GURIH DAN RENYAH DENGAN BALURAN TEPUNG BUMBU DAN TEPUNG GORENG

LANGKAH MUDAH DALAM MEMBUAT AYAM GORENG CRISPY YANG GURIH DAN RENYAH DENGAN BALURAN TEPUNG BUMBU DAN TEPUNG GORENG

Begitu menggiurkan lidah pada saat kita melihat iklan tepung bumbu goreng serba guna dengan tampilan gambar ayam goreng yang sudah matang dengan balutan tepung goreng yang kelihatannya begitu renyah. Namun, pada saat membeli dan mencobanya sendiri di rumah, kita malah tidak pernah berhasil untuk membuat ayam goreng dengan baluran tepung goreng yang begitu renyah dan gurih seperti yang selama ini didambakan dari iklan tepung goreng ayam.

Dan biasanya, kegagalan seperti ini bisa terjadi adalah faktor utamanya karenar tepung yang pada saat digoreng seringkali terlepas dan hanya malah menjadikan semakin kotor dan keruhnya minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng, serta tidak bisa mendapatkan rasa gorengan ayam tepung yang gurih dan garing.

Agar tidak sampai terjadi hal seperti diatas, maka cobalah untuk mengikuti beberapa langkah-langkah berikut untuk bisa mendapatkan rasa ayam goreng tepung yang gurih dan nikmat seperti layaknya pada restoran-restoran makanan cepat saji.

1. Terlebih dahulu bumbui bahan ayamnya yang telah dipotong-potong sesuai dengan bumbu-bumbu pilihan Anda sendiri.

Paling sederhananya adalah bumbui dengan bawang putih, garam dan, juga merica. Jika Anda suka, maka bisa menggunakan bawang putih jenis bubuk dan menambahkan sedikit cabai bubuk. Diamkan beberapa saat dalam kulkas, minimal adalah 30 menit agar bumbu tersebut bisa cepat meresap pada bahan gorengan.

2. Langkah selanjutnya adalah balut adonan ayam tersebut dengan tepung goreng.

Anda bisa menggunakan tepung terigu goreng dengan campuran tepung beras atau tepung bumbu yang sudah siap pakai. Usahakan agar seluruh permukaannya “terlumuri” oleh tepung tersebut.

3. Celup potongan-potongan ayam yang sudah berbalut tepung tersebut dalam cairan.

Dan untuk hal ini terdapat beberapa alternatif cairan yang setidaknya bisa Anda gunakan, seperti halnya air es, susu, buttermilk, atau berupa larutan-larutan lainnya yang dibuat dengan menggunakan tepung bumbu. Rendam adonan tersebut selama kurang lebih 30 detik.

4. Angkat ayam, lalu kemudian balurkan kembali dengan menggunakan tepung yang kering.

Pada saat Anda membalurkannya, maka pijat-pijatlah adonan ayam tersebut sampai terbentuk lapisan tepung pada bagian permukaan ayam. Untuk proses inilah yang selanjutnya akan membuat tepung menjadi lebih crispy. Jika ingin mendapatkan hasil tepung crispy yang jauh lebih tebal lagi, maka Anda bisa mengulangi proses pencelupan tersebut dan lakukan pembaluran kembali.

5. Gorenglah ayam dalam minyak yang mulai panas dan agak banyak.

Gunakanlah nyala api sedang pada awal proses penggorengan untuk mematangkan ayam crispynya. Lalu, besarkan api tersebut secara perlahan agar bisa mendapatkan tekstur yang lebih crispy dan tidak terlalu berminyak. Masak hingga matang dan agak berwarna kuning-kuning kecokelatan. Lalu angkat dan segera tiriskan.

Nah, ayam goreng crispy yang gurih dan renyahnya sudah siap untuk dihidangkan. Cukup sederhana dan mudah bukan! Semoga bisa bermanfaat, terimakasih dan selamat mencoba semoga sukses.

Give a Reply