BEBERAPA JENIS KREASI MASAKAN TEMPE GORENG YANG BEGITU GURIH DAN NIKMAT

Tempe Goreng Tepung Si Buyung

BEBERAPA JENIS KREASI MASAKAN TEMPE GORENG YANG BEGITU GURIH DAN NIKMAT

Tempe sejak dulu dikenal sebagai makanan yang sangat identik dengan ke Indonesiaannya. Jika sedikit mundur ke sejarahnya, tempe juga pernah disebut dalam Serat Centhini karya R. NG Ronggo Sutrasno, seorang juru tulis keraton Sukarta pada 1814. Selain itu, bahan bakunya yang berupa kedelai juga telah ditemukan dalam Serat Sri Tanjung sekitar abad 12 atau 13. Meskipun begitu, dalam beberapa literatur dari sejarah makanan nusantara lainnya, tempe sendiri disebut pula sebelumnya datang dari Tiongkok.

Jenis-jenis tempe juga sangat beragam, seperti:

  • Tempe Kedelai (fermentasi ragi dan kacang kedelai).
  • Tempe Bongkrek (ampas kelapa).
  • Tempe Gembus atau Menjos (ampas tahu).
  • Tempe Koro Pedang (kacang koro).
  • Tempe Kecipir (biji kecipir).
  • Tempe Menjes (kacang tanah).
  • Tempe Lamtoro (petai cina).
  • Tempe Lupin (kacang lupin).
  • Tempe Karet (biji karet) dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk beberapa jenis masakan tempe yang saat ini paling populer adalah berupa tempe goreng. Untuk Anda yang hobi dengan makanan tempe goreng, berikut ini adalah beberapa jenis tempe goreng yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah.

1. Tempe Goreng Klasik (Tempe Goreng Standar Biasa).

Tempe yang biasanya paling banyak digunakan adalah jenis tempe kedelai. Jika Anda memang merasa tertarik ingin menggunakan tempe kedelai yang telah dibungkus daun pisang dan dijual per buah, maka Anda bisa membuat tempe garit. Dan jika hanya perlu menyayat permukaan tempenya saja kemudian dibumbui dan langsung digoreng begitu saja

2. Tempe Goreng Tepung Crispy (Tempe Selimut Tepung Goreng).

Apakah Anda sudah jatuh cinta dengan tempe goreng tepung ala penjual gorengan atau biasa disebut dengan tempe goreng crispy? Anda bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Ingin menggunakan tempe jenis apapun bisa, dan tetap akan menjadi nikmat, dan jangan lupa untuk menggunakan cabai rawit hijau agar bisa tambah mantap.

3. Tempe Goreng Rasa Bumbu Kuning.

Selain digunakan untuk mengolah daging ayam atau ikan, bumbu kuning juga sangat cocok untuk menggoreng tempe. Dimakan hangat-hangat sambil ditemani dengan secangkir teh atau kopi hangat juga boleh.

4. Tempe Mendoan Khas Kota Purwokerto.

Tempe yang satu ini juga benar-benar pas jika dijadikan sebagai camilan bersama dengan keluarga atau teman-teman pas sedang bersantai. Murah meriah dan pastinya juga enak banget. Tempe mendoan dari Purwokerto ini bentuknya lebih lebar dan tipis. Menggorengnya pun cukup hanya dengan setengah matang saja dan sudah siap untuk segera disantap dalam kondisi masih hangat.

5. Tempe Goreng Dengan Lengkuas.

Daging ayam atau daging sapi merupakan salah satu bahan yang paling umum jika dimasak dengan bumbu lengkuas. Namun tahukah Anda jika semua itu masih bisa diganti dengan tempe juga tetap sama nikmatnya.

Nah, itulah beberapa jenis masakan tempe goreng yang dirasa cukup menarik untuk bisa dicoba? Bagi Anda yang belum terlalu jago dalam hal memasak, maka hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai langkah awal dalam memulai untuk lebih mengasah kemampuan memasak Anda. terimakasih dan selamat mencoba. Dan semoga sukses.

Give a Reply